Viral Rumah di Ciamis Dibangun dengan Biaya hanya Rp 15 Juta, Ini Penjelasannya

 



SEBUAH foto rumah menjadi viral di media sosial Facebook lantaran minim modal ketika membangunnya. Postingan yang diunggah Setyhanissa Oktaviana ini menyatakan bahwa hanya perlu uang 15 juta rupiah untuk membangun rumah tersebut.

Ia juga menyertakan potret proses pembangunan rumah dari tahap awal hingga tahap rumah selesai dibangun.


Karena banyak yang bertanya bagaimana mungkin membangun rumah hanya bermodalkan 15 juta rupiah, Prayitno, sosok di balik pembangunan rumah ini pun menjawabnya.

Prayitno menjelaskan tentang seluruh proses pembangunan rumah berukuran 7×9 meter tersebut.

Pertama, bangunan dasar disusun menggunakan batu bata merah dan semen. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan rangka dinding yang terbuat dari material baja ringan.

Setelah terpasang, Prayitno mengecat dinding rumah dengan cat warna biru dan merah agar untuk mempercantik tampilan rumah

Menurut keterangan Prayitno, rumah yang ia bangun menghabiskan dana 15 juta rupiah.

“Memang benar 15 juta rupiah itu dana yang saya habiskan. Tapi 15 juta itu untuk seluruh materialnya saja,” kata Prayitno.

Diketahui rumah milik Prayitno ini berada di  Desa Sindangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Mengenai desain dan rancangan rumah tersebut, Prayitno mengaku ia sendiri yang merancang dan menentukan material-material apa saja yang digunakan.

“Saya desain sendiri mengingat bahan materialnya yang mahal dan saya berpikir bagaimana meskipun saya hanya memiliki uang yang terbatas, tapi saya bisa memiliki rumah,” kata Prayitno.

Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai kuli, menyadari rumah yang ia bangun memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dari segi kelebihan, rumah yang ia bangun tidak akan mudah terkena rayap dan menjadi lapuk karena bahan penyusun rumah tersebut dibuat dari baja ringan.

Sedangkan kekurangan yang disadari Prayitno adalah rumah seharga 15 juta ini rawan jika ada hantaman keras karena akan mudah ambruk atau rusak.

Dalam keterangan akhirnya, Prayitno berharap dengan viralnya rumah yang ia bangun yang menghabiskan dana 15 juta dapat menginspirasi orang-orang.

Terlebih kepada orang yang dalam tidak memiliki dana lebih untuk membangun rumah, namun memanfaatkan kondisi yang ada, semua orang bisa dengan mudah membangun rumah.




Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright ©